Jumat, 21 Juli 2017

Yuk Ketahui Siklus Menstruasi Yang Normal Pada Wanita


Yuk ketahui siklus menstruasi yang normal pada wanita. Info penting bagi wanita agar dapat menjalani haid dengan nyaman.

Yuk ketahui siklus menstruasi yang normal pada wanita - Siklus menstruasi atau haid adalah daur menstruasi atau haid yang tiap bulannya dialami wanita ketika masih dalam usia produktif. Haid atau menstruasi merupakan peluruhan dinding rahim yang terdiri dari darah dan jaringan tubuh. Kejadian ini berlangsung tiap bulan pada perempuan. Dengan kata lain, haid merupakan suatu proses pembersihan rahim terhadap pembuluh darah, kelenjar-kelenjar dan sel-sel yang tidak terpakai karena tidak ada pembuahan.
Bila terjadi pembuahan atua kehamilan, haid tidak akan terjadi. Pada kehamilan, dinding rahim akan bertambah tebal, pembuluh darah bertambah banyak, kelenjar dan sel-sel di dalam rahim berkembang untuk menyokong pertumbuhan janin. Haid adalah proses normal pada perempuan dewasa.

Inilah Siklus Menstruasi Yang Normal Pada Wanita

Usia mulai haid normlanya 112 atau 13 tahun. Sebagaian perempuan mengalami haid lebih awal (usia 8 tahun) dan lebih lambat (18 tahun). Sekitar usia 40-50 tahun, haid berhenti atau dinamakan menopause.
Siklus haid yang normal terjadi setiap 21-35 hari sekali, dengan lama hari haid berkisar 3-7 hari. Jumlah darah haid normal berkisar 30-40 mililiter (ml). Menurut hitungan para ahli, perempuan akan mengalami 500 kali haid selama hidupnya.
Siklus menstruasi atau haid dibagi dalam dua tahap yaitu tahap pra-ovulasi (dari hari pertama haid sampai saat ovulasi) dan tahap pasca ovulasi (dari hari ovulasi sampai haid berikutnya). Lamanya tahap pra ovulasi biasanya sekitar 2 minggu tetapi ni dapat berubah-ubah dari bulan ke bulan dan berbeda-beda antara wanita yang satu dengan yang lain. Tahap pasca ovulasi adalah tetap dan sama yaitu rata-rata 14 hari (10-16 hari).
Jadi, perbedaan dalam panjang pendeknya siklus haid ditentukan oleh tahap pra ovulasi. Billa siklus menstruasi tidak teratur hal ini dapat disebabkan oleh berbagai hal. Tetapi yang sangat penting adalah karena keadaan psikologi wanita yang bersangkutan, misalnya banyak pikiran, tertekan, sedih atau justru sangat gembira dan stres.
Siklus menstruasi juga mempunyai beberapa gejala pada wanita yang harus kamu waspadai:
1.    Merasakan Nyeri yang Berlebihan Saat PMS
Rasa nyeri yang timbul dari menstruasi merupakan hal yang wajar bagi setiap wanita. Namun ada hal yang membuat seorang wanita tidak bisa melakukan aktivitas seperti
biasanya karena siklus PMS yang tidak wajar. Hal ini harus segera diatasi agar bisa mendapatkan pertolongan. Terlebih jika anda mengalami pingsan.
2.    Stres Juga Mempengaruhi Siklus Menstruasi Pada Wanita
Stres memang dapat terjadi kepada siapa saja. Namun biasanya jika seorang yang sedang halangan dan mengalami stres di waktu yang cukup lama, itu bisa membuat semakin parah darah yang keluar. Bahkan Stres bisa membuat diri anda mengalami PMS yang tidak teratur.
3.    Turunnya Berat Badan
Ketika anda mengalami penurunan berat badan secara drastis maka hal ini akan mempengarungi siklus PMS anda. Sehingga ada baiknya anda bisa mengatasi hal ini dengan baik agar terhindari dari tertundanya siklus menstruasi kamu.
4.    Penyakit Pada Rahim
Jika anda merasakan memiliki gejala pada rahim, maka hal itu bisa disebabkan timbulnya siklus PMS yang tidak teratur. Sehingga hal itu harus anda bicarakan dengan dokter anda, agar siklus anda bisa kembali normal.
5.    Mengkonsumsi Pil Kontrasepsi
Ternyata pil kontrasepsi dapat menyebabkan PMS tidak teratur. Sehingga hal ini akan menganggu siklus halangan pada anda. Untuk itu anda harus bisa mengkonsumsi pil sesuai pada kebutuhan anda. Jangan sampai anda mengkonsumsi pil kontrasepsi secara berlebihan.
6.    Penyakit
Berbagai jenis penyakit seperti kista, penyakit rahim, dan diabetes dapat menganggu siklus menstruasi anda. Sehingga ada baiknya anda mengeceknya kepada dokter. Apakah penyakit tersebut menganggu siklus haid anda atau tidak. Jangan sampai ketika semakin buruk, baru anda periksakan hal tersebut kepada tenaga medis.
7.    Metabolisme Tubuh
Kelainan sistemik sangat mempengaruhi metabolisme tubuh seseorang. Biasanya hal ini terjadi pada wanita yang mengalami obesitas dan juga wanita yang terlalu kurus. Sehingga menyebabkan siklus PMS yang tidak teratur.
Untuk itu kamu diwajibkan untuk segera mengkonsumsi makanan dengan asupan gizi yang sesuai dengan kamu. Jangan dalam jangka panjang dapat membantu kamu untuk mendapatkan siklus menstruasi yang teratur. Buat kamu yang mengalami menstruasi tentunya memakai pembalut wanita yang aman, nyaman dan kering adalah salah satu hal yang penting. Kini telah hadir pembalut Airiz tiens dimana produk ini sangat bagus dipakai para wanita saat menstruasi, keunggulan produknya memiliki daya serap 8x lipat dibandingkan pembalut wanita lainya, terbuat dari bahan dan kapas organik serta memiliki kandungan ion negatif yang tinggi untuk kesehatan daerah kewanitaan.
Penasaran dengan produk pembalut kesehatan wanita Airiz? Silahkan cari informasinya dibawah ini ya. Semoga bermanfaat. 

Untuk Info & Pemesanan hubungi kontak dibawah ini :
” Annisa Setiati “
[Distributor Pembalut Herbal Airiz TIENS]
PINBB: herbalmu
SMS/WA: 087822731202

Chat Via LINE id: @herbalstores

Tidak ada komentar:

Posting Komentar